Rabu, 07 November 2012

Djunaedi cs.

Sungguh, tidak gampang mencari referensi tentang pelawak yang satu ini.   Padahal Junaidi telah memberikan warna pada perkembangan dagelan (Mataram) yang pada waktu itu vakum setelah era Basiyo.  Bersama Buang dan Jambul, Junaedi membentuk kelompok Junaedi CS dengan gebrakan pertama Junaedi Dalang  Internasional yang disusul Junaedi Dalang Internasional II dan judul-judul yang lain berturut-turut diluncurkan.
Secara tematis, sebenarnya Junaedi tidak ada yang baru.  Lawakannnya tidak dilengkapi dengan “cerita” sebagaimana biasa di bawakan oleh Basiyo.  Kekuatan Junaedi adalah pada spontanitas dan eksploitasi phisknya.  Mrongos dan memble adalah “trade mark” yang tak pernah lepas dari materi lawakannya.
Pada kesempatan perburuan saya dalam mencari kaset magnetik, saya menemukan 3 judul dari Junaedi dengan kualitas yang masih sangat baik yaitu Junaedi dadi Janaka, Junaedi Khotbah dan Junaedi Guru Ngaji.  Dalam rencana memposting materi tersebut, untuk dua judul saya merasa kesulitan dalam menempatkan kategori.  Semula, saya berencana menempatkan Junaedi Khorbah dan Junaedi Guru Ngaji, di Halaman Islam.  Akan tetapi dari aspek materi (tanpa sama sekali mungurangi nilai dan maknanya) saya melihat lebih dominan Lawak daripada Khotbahnya, maka saya posting semua kaset Junaedi tersebut dalam kategori Dagelan.
Nah, kami persilahkan anda untuk mengambil sarinya tanpa mengurangi hak anda untuk tersenyum.
( Jaman Semana ).

Ini ada 2 kaset Junaedi cs. silahkan download :
Djunaedi cs. - Juru Kunci
Djunaedi cs. - Dalang Memble

Download hanya untuk koleksi pribadi..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar